Khasiat Daun Sirsak

Daun sirsak atau bahasa latinnya annona muricata folium, merupakan tanaman buah tropis yang banyak ditemui di Indonesia dan daging buahnya dapat dikonsumsi. Tanaman sirsak memiliki nama spesies Annona muricata, merupakan salah satu tanaman dari kelas Dicotyledonae, keluarga Annonaceae dan genus Annona. Nama sirsak sendiri berasal dari bahasa Belanda – Zuurzak yang berarti “Kantong Asam”. Tanaman buah tropis ini didatangkan ke Nusantara oleh pemerintah kolonial Hindia Belanda pada abad 19.

Seiring berjalannya waktu serta berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi, maka tanaman sirsak saat ini sudah terbukti merupakan tanaman multiguna. Manfaat sirsak terletak pada seluruh bagian tanaman yang dapat digunakan meliputi : kulit batang, daun, buah, akar dan biji buah. Masing – masing bagian tanaman memiliki karakteristik dan khasiat yang berbeda. Secara umum buah dan biji buah digunakan untuk pengobatan demam, pelancar ASI, supplemen pada saat diare dan mengobati cacing. Sementara kulit batang, daun dan akar digunakan untuk antikejang, hipertensi, dan sebagai penenang.

Penggunaan daun semakin meluas seiring ditemukannya khasiat sebagai antikanker dan antitumor. Sudah dilaporkan bahwa para peneliti di AS telah menemukan senyawa acetogenin pada daun sirsak yang berfungsi 10.000 kali lipat daripada obat kanker adriamycin. Senyawa ini mampu menghambat produksi energi ATP di dalam sel kanker. Efeknya pembelahan sel kanker akan terganggu.

Acetogenin adalah senyawa poliketida dengan struktur C-34 atau C-37 rantai karbon tidak bercabang yang terikat pada gugus 2-propanol pada C-2 untuk membentuk suatu lakton. Senyawa ini memiliki 350 senyawa turunan yang ditemukan pada keluarga Annonaceae dan 82 diantaranya dimiliki oleh sirsak. Senyawa acetogenin sendiri memiliki LC50 (satuan μg/ml) yang sangat rendah, yang merupakan tolok ukur kekuatan dalam menghambat pengangkutan ATP di dalam sel kanker (sitotoksik). Daun sirsak sendiri memiliki LC50 sebesar 7,8 ± 0,3 μg/ml yang termasuk aktivitas yang tinggi (< 10 μg/ml).

Penelitian terkait penggunaan daun sirsak :

Daun sirsak terbukti aktif dalam menumpas sel kanker di dalam tubuh, dimana zat aktif bernama acetogenin terbukti ampuh dalam mengobati kanker antara lain : kanker prostate, kanker pancreas, kanker leukemia, kanker kolon, kanker paru – paru, kanker payudaradan berbagai sel kanker lainnya.

Sirsak mampu meningkatkan sekresi insulin sehingga mampu menormalkan kadar gula darah dan meningkatkan produksi antioksidan endogenyang membantu tubuh dalam menetralkan sel kanker.

Depokherbal.COM menyediakan produk herbal dari ektrak daun sirsak, diantaranya:

TEH DAUN SIRSAK

Teh daun sirsak adalah teh alami yang terbuat dari herbal daun Sirsak (annona muricata folium). Dipercaya mengatasi kanker. Diolah secara higienis dari daun sirsak dan dipadukan dengan dauh teh pilihan sehingga memberikan cita rasa khas dan berkhasiat. Netto 40 gram, produksi Griya Herba.

Kapsul Daun Sirsak, isi 60 kapsul, produksi Tazakka, Sukoharjo – Indonesia. Harga 35,000:

sirsak_tazakka

Kapsul Minyak Daun Sirsak, isi 90 kapsul, produksi CV M.A.H untuk Sari Alam Herbal. Harga 75,000:

Ekstrak Daun Sirsak (Annona Muricata Ekstrak), 100 kapsul. Harga 65,000:

sirsak_asshihah

Ekstrak Daun Sirsak (Annona Muricata Ekstrak), isi 100 kapsul. Ampuh atasi 12 jenis kanker dan 10.000x lebih ampuh dari kemoterapi, menurunkan kadar gula darah, tekanan darah tinggi, mencegah radikal bebas dll. Komposisi Annona Muricata Ekstrak 100%, Produksi Ash-Shihhah Herbal.

3 Responses to “Khasiat Daun Sirsak”


  1. 1Taufix Agus Somantri

    Mohon informasi harga teh, kapsul minyak daun sirsak dan kapsul daun sirsak. Terima kasih.

  2. 2admin

    Harga teh 25rb, kapsul minyak daun sirsak Rp 75rb, yang kapsul saja rp 35rb.
    detilnya, sila sms/telp ke:
    Telp: 021-77821910
    SMS/Telp: 085697540541/ 081511418008
    Email: sales@depokherbal.com

  3. 3Agus Suparyanto

    Mohon informasi alamat depok herbal. Tks.

Comments are currently closed.


This site is protected by WP-CopyRightPro